Berita TerkiniHeadlineKALTIM

Dukung Program Bupati, Perumda Air minum Batiwakal Tingkatkan Pelayanan Prima

ADARA TIMUR – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Batiwakal terus berbenah.

Salah satu kinerja ciamik untuk mendukung program Bupati Sri Juniarsih-Gamalis, perumda ini terus meningkatkan pelayanan prima.

Mulai dari peningkatan jumlah pelanggan sambungan rumah baru, kualitas air yang baik hingga manajemen perusahaan.

Dari data yang dihimpun, Perumda Air Minum Batiwakal berhasil mencatat sejarah sambungan baru 5.000 pelanggan baru dan pada tahun 2019 mencatat 4.000 sambungan baru untuk masyarakat. Angka tersebut sejarah bagi Kabupaten Berau dengan ribuan sambungan baru tiap tahunnya.

Sambungan baru tersebut sebagai upaya meningkatkan kebetuhan air bersih bagi masyarakat. Sehingga, keluhan masyarakat akan hak menerima air bersih terpenuhi dan kesehatan masyarakat juga lebih baik.

sejumlah prestasi tersebut tak lepas dari tangan dingin Direktur Utama Perumda Air Minum Batiwakal, Berau, Saipul Rahman

Saat ditemui media ini, Saipul Rahman mengatakan, program dan kinerja yang terus digalakkan tersebut tak lain untuk mendukung program pemerintah dalam hal ini Bupati Sri Juniarsi dan Wakil Bupati Gamalis serta pemerintahan.

Menurutnya program sarana fasilitas air bersih dan ketercukupan kebutuhan air bersih masyarakat merupakan harapan masyarakat Berau. Seperti diketahui, program air bersih dan sambungan baru bagi masyarakat merupakan salah janji kampanye Bupati Sri Juniarsih

“Kita bekerja sesuai aturan, itu yang pertama. Kedua adalah bagaimana kita mendukung program Bupati, khusus air bersih bagi masyarakat. Nah poinnya masyarakat senang karena terpenuhi,” ujarnya belum lama ini.

Sejumlah prestasi lainnya, yakni penghargaan dari Indonesia Development Achievement Foundation yang bekerjasama dengan Venna Event Management. Penghargaan ini lantaran Perumda Air Minum Batiwakal dinilai sebagai PDAM yang paling terpercaya dan paling dikenal dalam pelayanan air bersih kepada masyarakat Tahun 2020.

Tidak hanya itu, PDAM Tirta Segah (sebelum berubah nama Perumda Air Minum Batiwakal) meraih penghargaan Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) Award 2017 dengan Operasional Terbaik I kategori kabupaten berpenduduk 200.000 – 500.000 jiwa.

Ditambahkan, Saipul, banyak hal yang dibenahi sejak dirinya menjabat. Mulai dari manajemen perusahaan hingga manajemen kinerja dan output kinerja agar menghasilkan output yang terukur dan target memenuhi ketercukupan dan peningkatan pelayanan air bersih bagi masyarakat bisa tercapai.

“Saya pikir beberapa penghargaan itu adalah buah dari kerja keras kita semuanya. Karena kita ketahui, selama kita bekerja dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan sesuai aturan. Insya Allah akan menghasilkan yang baik,” tambahnya.

Meski begitu, lanjut Saipul, pihaknya tidak puas diri akan kinerja selama ini. Para pegawai Perumda Air Minum Batiwakal akan terus meningkatkan kinerja dan meningkatkan pelayanan prima.

Selain itu, partisipasi masyarakat atau pelanggan juga diharapkan, yakni pembayaran rekening air bersih setiap bulannya secara tepat waktu.

Tarif air bersih di Berau terbilang murah se-Kalimantan Timur, jika dibandingkan dengan daerah lainnya seperti Kutai Timur Rp 7.600 per kubik. Sedangkan di Berau hanya Rp 4.700 per kubik.

Meski begitu, lanjutnya, pelayanan prima ketersediaan air bersih menjadi sebuah keharusan bagi pemerintah.

“Ya kalau tarif, di Berau ini paling murah ya. Ini bagian pelayanan juga bagi masyarakat karena air bersih kebutuhan masyarakat dan keharusan pemerintah untuk memenuhinya,” tandasnya.

Saipul berharap dukungan dari semua pihak di Kabupaten Berau, agar kinerja dan pelayanan prima untuk ketersediaan air bersih bagi masyarakat terpenuhi.

“Kami juga berterimakasih kepada seluruh pihak stakeholder di Berau yang senantiasa mendukung akan kinerja kami,” tuturnya.

Saipul juga berterimakasih atas masukan para pihak sehingga bisa terus berbenah dan bekerja lebih baik. Dirinya memaklumi pro kontra atas beberapa kebijakannya, yang menurutnya wajar di dunia demokrasi. Dikarenakan orang luar belum tentu mengetahui bagaimana mekanisme dan tata kerja di dalam perusahaan.

“Kita berterimakasih atas masukan yang konstrukti. Dengan begitu kita terus berbenah dan makin baik lagi,” jelasnya.

 

Report: Aggifan   I   Editor: Miftahul J

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button