Berita TerkiniTNI-Polri

KKB dan OPM Diusulkan jadi Organisasi Teror

ADARA TIMUR – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Pol Boy Rafli Amar berencana mengusulkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) sebagai organisasi teroris.

“Kami menggagas diskusi-diskusi dengan kementerian/lembaga berkaitan dengan masalah nomenklatur KKB. Apakah ini bisa dikategorikan sebagai organisasi terorisme karena tadi disampaikan kejahatan KKB ini sebenarnya layak dikategorikan atau disejajarkan dengan aksi teror,” ujar Boy dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, Senin (22/3/2021).

Boy menambahkan, pihaknya berencana mengajak diskusi pihak lain seperti Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) serta perwakilan di DPR RI untuk membahas peluang menetapkan KKB di Papua serta Tentara Pembebasan Nasional (TPN) dan OPM sebagai organisasi teroris.

Dikatakan OPM,  KKB, banyak merenggut nyawa aparatur negara dan masyarakat sipil harusnya dikategorikan sebagai organisasi terlarang. Dan seringkali menyerang aparat TNI dan Polri.

“Kami tidak bisa memutuskan itu sendiri. Kami sedang melakukan proses diskusi. Setelah ada semacam kesepakatan, kami akan mengusulkan perubahan kategori apa yang dilakukan KKB sebagai perbuatan teror,” tutur Boy

 

Report: Septian   Editor: Miftahul J

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button