Berita TerkiniHeadlinePolitik

Revisi UU ITE, Mahfud MD Bentuk Dua Tim untuk Mengkaji

ADARA TIMUR – Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan membentuk dua tim khusus untuk mengkaji kemungkinan akan melakukan revisi terhadap undang-undang ITE.

Rencana kajian dan revisi undang-undang tersebut agar regulasi tersebut memberi keadilan dan kepastian hukum.

“Kemenko Polhukam yang mendapat tugas menyelesaikan masalah Undang-Undang ITE yang mengandung muatan, satu pembuatan kriteria implementatif agar tidak terjadi pasal karet. Kedua, memelajari kemungkinan dilakukannya revisi atas Unndang-Undang ITE,” ujar Menko Polhukam, Mahfud MD melalui akun Youtube Kemenko Polhukam, Jumat (19/2/2021).

Ditambahkan Mahfud, pihaknya sudah membentuk dua tim untuk melakukan kajian terhadap regulasi tersebut, yakni

Tim pertama, bertugas membuat interpretasi teknis dan memuat kriteria implementasi dari pasal-pasal yang dianggap pasal karet.

Tim ini akan diisi oleh tim Kemenkominfo dan tim dari kementerian lain di bawah koordinasi Kemenko Polhukam.

Tim kedua, merupakan tim rencana revisi Undang-Undang ITE. Tim ini akan mengkaji mengenai Undang-Undang ITE yang disebut mengandung pasla karet, diskriminatif, dan membahayakan demokrasi.

“Presiden kan mengatakan, silakan didiskusikan kemungkinan revisi itu. Kami akan mendiskusikan itu. Mana pasal yang dianggap pasal karet, diskriminatif. Kami diskusikan secara terbuka,” katanya

Sementara tim kedua, akan mendengar masukan para pakar, perwatuan wartawan indonesia (PWI), LSM, gerakan pro demokrasi, dan ahli lainnya.

“Benar enggak bahwa ini perlu revisi. Kalau memang perlu revisi, mari kita revisi,” tutur pria asla Madura ini

 

Report: Syamsir   Editor: Miftahul J

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button