Berita TerkiniHeadlinePolitik

Siapakah Jenderal Pengganti Kapolri Idham Azis?

ADARA TIMUR – Posisi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Idham Azis akan pensiun awal Februari 2021 mendatang.

Jabatan kapolri memang sangat prestisius dan banyak diharapkan oleh para jenderal perwira tinggi (Pati) di tubuh Polri.

Hingga kini, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) masih menggodok sejumlah nama calon kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Aziz. Kemudian akan disampaikan nama-nama calon kapolri tersebut kepada sang presiden Joko Widodo. Meski nantinya, yang memiliki kewenangan adalah presiden untuk menentukan siapa calon kapolri, yang juga tetap diuji kelayakan dan mendapat persetujuan dari DPR RI

“Berdasarkan Undang-Undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 38 ayat 1b Kompolnas bertugas memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri,” kata anggota Kompolnas Poengky Indarti, Minggu (20/12/2020).

Ditambahkan, merujuk pasal 11 ayat 6 UU nomor 2 tahun 2002 maka calon Kapolri adalah perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan karier.

“Kompolnas akan melihat data track record dan prestasi calon-calon Kapolri dan akan memberikan pertimbangan kepada Presiden untuk calon-calon yang track record dan prestasinya terbaik,” tambahnya.

Beredar informasi nama-nama kandidat kuat kapolri, sebut saja Kabareskrim Komjen Listyo Sigit, Kapolda Riau Irjen Agung Setya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, mantan Kapolda Bali Petrus Golose, Korsahli Kapolri Irjen Nana Sudjana, dan Kapolda Jawa Barat Irjen Dopiri.

Report: Fathor   Editor: Miftahul J

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button