Berita TerkiniHeadline

Waspada, Ini Wilayah yang Berpotensi Gempa

ADARA TIMUR – Waspada, namun jangan panik. Itulah untuk menyikapi kondisi di negeri ini yang kerapkali diwarnai bencana alam, seperti gempa, banjir dan lainnya.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, ada beberapa daerah yang memiliki potensi terjadi gempa. Akan tetapi, meski begitu, belum diketahui kapan gempa tersebut akan terjadi.

“Informasi ini tidak perlu membuat cemas dan khawatir berlebihan, karena kita harus menyiapkan mitigasinya. Jadi respons kita adalah menyiapkan mitigasi konkret untuk mengurangi risiko jika terjadi gempa maupun tsunami,” tutur Daryono secara virtual, Minggu (31/1/2021).

Beberapa wilayah yang memiki potensi gempa yakni, Sorong, Matano, Lembang, Mentawai, Lampung, Selat Sunda, Banten, selatan Bali, Sulawesi Utara, Aceh.

Ditambahkan, pihaknya telah mendata aktivitas kegempaan pada Januari 2021. Dari data kegempaan tersebut, pihaknya pun membuat enam klaster, yakni :

  1. Aceh, Nias.
  2. Bengkulu, Lampung.
  3. Lombok, Sumbawa, Sumba.
  4. Sulbar, Sulteng, Gorontalo.
  5. Laut Maluku.
  6. Seram.

     

    “Kita mencoba melihat prospektif kegempaan berikutnya, kita mencoba menggunakan aktivitas seismisitas pada bulan Januari 2021,” tambah Daryono.

     

 

Report: Syamsir   Editor: Miftahul J

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button