Berita TerkiniHeadlineLIFESTYLE

Simpel, Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri

Mencuci tangan dengan air dan sabun menjadi salah satu langkah yang mudah untuk dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19. Bukan hanya dengan air dan sabun saja, kita juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk mencuci tangan.

Hand sanitizer menjadi salah satu alternatif mencuci tangan praktis yang bisa dilakukan terutama ketika kita sulit menemukan sabun dan air, seperti saat berada di dalam perjalanan. Meski menjadi barang kebutuhan utama untuk melindungi diri di tengah pandemi, penting untuk cermat dalam memilih produk hand sanitizer. Bahan yang bisa mengiritasi justru bisa membuat masalah pada kulit.

Selain membeli di apotek atau toko, demi menjaga keamanan, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain memastikan untuk mencegah pertemuan dengan orang ketika membeli di luar, membuat hand sanitizer juga dianggap lebih efisien. Kamu bisa membuat hand sanitizer dengan bahan dari lidah buaya atau aloe vera

Lalu, bagaimana cara membuat hand sanitizer? Susah enggak, sih? Dilansir dari laman Healthline, kunci utama untuk membuat hand sanitizer yang efektif adalah menggunakan proporsi alkohol 2:1 untuk lidah buaya. Proporsi ini adalah  jumlah minimum (60 persen kandungan alkohol) yang diperlukan untuk membunuh sebagian besar kuman, menurut CDC.

Rishi Desai, kepala petugas medis Osmosis, dan mantan petugas dinas intelijen epidemi di divisi penyakit virus di CDC, mengatakan bahwa hand sanitizer dengan kadar alkohol 60-95 persen akan membunuh 99,9 persen kuman setelah 60 detik.

Bahan-bahan yang diperlukan:

-3/4 cangkir isopropil atau alkohol (99 persen)
-1/4 cangkir gel lidah buaya (untuk membantu menjaga tangan tetap halus dan untuk menangkal kerasnya alkohol)
-10 tetes minyak esensial, seperti minyak lavender, atau bisa menggunakan jus lemon

Cara membuat:

1. Tuang semua bahan ke dalam mangkuk, idealnya dengan semburan seperti wadah pengukur kaca.

2. Campur dengan sendok dan kocok dengan whisk untuk mengubahnya menjadi gel.

3. Tuang bahan ke dalam botol kosong agar mudah digunakan, dan beri label “pembersih tangan”.

Jagdish Khubchandani, PhD, profesor ilmu kesehatan di Ball State University, mengatakan jika kalian membuat hand sanitizer di rumah harus mematuhi tips ini:

1. Buat hand sanitizer di tempat yang bersih.

2. Cuci tangan dengan saksama sebelum membuat hand sanitizer.

3. Untuk mencampur, gunakan sendok dan pengocok yang bersih. Cuci alat-alat tersebut dengan saksama sebelum menggunakannya.

4. Pastikan alkohol yang digunakan untuk hand sanitizer tidak encer.

5. Campur semua bahan sampai benar-benar tercampur rata.

6. Jangan menyentuh campuran dengan tangan sampai siap digunakan.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.(viva)

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button