Berita TerkiniHeadlineKALTIM

Sinergi dan Kolaborasi IAI Kaltim dengan Kampus Arsitektur 

ADARA TIMUR – IKatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalimantan Timur menandatangani nota kesepahaman dengan 6 Perguruan Tinggi Arsitektur se-Kalimantan Timur. Kerjasama yang dimaksud adalah kerjasama pendidikan dan pemagangan Arsitek, kerjasama penelitian dan pengembangan Arsitektur, dan kerjasama Pengabdian kepada masyarakat.

MoU ini adalah bagian penting dari Program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan. Kedepannya, mahasiswa Arsitek magang di biro konsultan arsitek anggota IAI Se Kalimantan Timur selama minimal 1 semester/6 bulan.

Program ini diharapkan akan menjawab tantangan pemenuhan SDM jasa arsitek dan konstruksi guna menghadapi perencanaan dan pembangunan Ibukota Negara di Kaltim

Lebih lanjut, Program pemagangan Arsitek ini bisa berlanjut dengan Program Pemagangan Arsitek/PPArs. yang dimaksudkan untuk menyiapkan kompetensi calon Arsitek. Program PPArs didesain menyerupai porgram calon Dokter yang melaksanakan Coas di Rumah Sakit.

Kami menyiapkan Badan Pendidikan, pemagangan, dan pengabdian Arsitek dalam struktur organisasi IAI Kaltim, karena saya percaya masa depan pembangunan dan arsitektur di Kaltim adalah penyiapan SDM yang baik di Kampus-kampus Arsitektur di seluruh wilayah Kalimantan Timur, ungkap Wahyullah Bandung, IAI, Ketua IAI saat ditemui Timur di kegiatan tersebut.

Sementara itu Wakil Ketua Badan Pendidikan Arsitek IAI Kaltim, Faizal Baharuddin, menyampaikan dalam waktu dekat, akan segera melakukan koordinasi dengan semua Ketua Program Studi Arsitektur se Kaltim untuk menyegerakan pelaksanaan Program Pemagangan Arsitek di kampus2 Arsitek. Adapun Prodi Arsitektur tersebut berasal dari Perguruan tinggi Politeknik Negeri Samarinda, Univ.17 Agustus Samarinda, Univ. Mulawarman, Univ. Nadhatul Ulama, Institut Teknologi Kalimantan, dan Univ. Balikpapan.

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button