Berita TerkiniHeadlinePolitik

Waspada Virus Baru Bernama Corona E484K

Report: Syamsir   I   Editor: Miftahul J

ADARA TIMUR – Waspada, itulah yang patut kita antisipasi.

Maklum, pandemi covid-19 yang hingga kini belum usai namun virus sejenisnya terus mulai tumbuh yang baru.

Baru-baru ini kita dikagetkan dengan munculnya virus baru bernama varian B117 asal Inggris, namun kali ini kembali ada temuan baru virus Corona E484K.

Virus Corona E484K ini dinilai memiliki kecepatan yang membahayakan dalam penularannya. Hal ini membuat masyarakat makin bingung.

Muhammad Fajri Adda’i , salah seorang dokter relawan covid-19 menjelaskan genetika virus corona E484K yang sedang ramai dibahas publik di akun instagramnya.

“Mutasi virus E484K maksudnya adalah setiap virus memiliki 30 ribu basa, dan setiap tiga basa berkumpul menjadi satu disebutnya kodon. Nah, setiap kodon ini akan mengode satu asam amino,” tulis dr Fajri, seperti dikutip dari unggahan di akun Instagram-nya melalui @dr.fajriaddai, Rabu (7/4/2021).

“Pada kasus E484K karena ini adalah mutasi dari titik tertentu di reseptor binding domain di antibodi, di mana ini akan dikenali oleh antibodi lewat tanduknya. Ketika tanduk ini berubah, maka menjadi tidak bisa dikenali. Ada beberapa varian yang memiliki mutasi. Jadi, satu varian bisa banyak mutasinya,” tuturnya.

 

Report: Syamsir   I   Editor: Miftahul J

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button