Berita TerkiniHeadlineKALTIM

Kapal Tenggelam di Balikpapan, Penumpang: 20 WNA Ukraina dan 3 Motoris

ADARA TIMUR – Sebanyak 20 orang warga negara asing (WNA) berkebangsaan Ukraina dan tiga motoris asal Indonesia tenggelam lantaran kapal yang ditumpangi bocor dan tenggelam di perairan Teluk Balikpapan, sekitar pukul 22.24 tadi malam.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta mengatakan, tenggelamnya kapan atau sejenis speedboat tersebut akibat mesin mati dan tidak berfungsi. Saat pencarian korban cuaca buruk dan angin kencang serta hujan.

Pihaknya menerima informasi kejadian sekitar pukul 22.24 Wita Selasa malam dari VTS atau srop bahwa terjadi Laka Air speed boat crew kapal feri Rejeki di perairan Teluk Balikpapan.

“Informasi yang kami terima Laka air speed boat yang disewa bertolak dari kapal MV Eurydiki hendak ke Balikpapan. Tapi di tengah perairan Teluk Balikpapan sekitar buih nol, speed boat tenggelam karena mesin mati,” tuturnya

Kemudian, lanjutnya tim gabungan beserta SAR langsung terjun ke lokasikejdian dan melakukan pertolongan serta evakuasi korban.

Selanjutnya unsur gabungan SAR bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan pertolongan. Pencarian para korban juga melibatkan kapal-kapal lain yang berlayar di sekitar lokasi kejadian.

Akhirnya para korban berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke kapal Manalagiasa dan kapal TB Mulia. Para korban ditemukan selamat.

Yakni 12 orang berhasil diselamatkan dan berada di kapal MV. Manalagiasa. Dan pukul 23.50 Wita, kembali tim SAR menerima informasi dari ABK Kapal TB Mulia 7 bahwa ada 11 orang penumpang berhasil diselamatkan.

“Seluruh korban dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan,” ujar Melkianus

 

Report: Syamsir   Editor: Miftahul J

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button